Thursday, May 17, 2012

Cara menghindari dan memperbaiki blog yang index google-nya terus berkurang

Beberapa hari ini saya dikejutkan dengan masalah berkurang halaman yang diindex oleh google pada salah satu blog yang saya kelola. Hati saya sempat berdebar-debar jangan-jangan blog saya di banned oleh google. Hari minggu masih di index sampai 99 halaman (dalam hati saya berpikir bisa-bisa menembus 100++ halaman nih di hari senin), eh tahu-tahunya tiba-tiba di hari senin dan selasa kemarin jatuh sampai hanya 86 halaman. Mulailah saya sibuk mencari-cari jawabannya di google search engine, baik di blog yang berbahasa inggris dan bahasa Indonesia. Akhirnya saya dapat solusinya dan pada hari ini (Kamis) halamannya sudah diindex sampai 98 halaman. Mudah-mudahan tidak berkurang lagi.
Berikut ini cara-cara yang saya lakukan, semoga bermanfaat bagi teman-teman.
  1. Perbaiki artikel yang mempunyai isi yang sama. Kebetulan pada hari Jumat minggu lalu saya ada posting satu artikel yang memiliki 2 paragraf copy paste dari posting sebelumnya. Jadi saya melakukan perubahan beberapa kalimat agar memiliki arti yang sama tapi kalimatnya berbeda.
  2. Short Meta Description (posting yang memiliki jumlah kata yang sedikit), pada hari Jumat saya juga ada posting satu halaman (page) dengan judul "Hubungi Kami" yaitu halaman contact form yang hanya memiliki 5 kata. Hal ini dikarena saya memakai plugins dari wordpress. Jadi saya tulislah beberapa keterangan tentang halaman "hubungi kami"
  3. Duplicate tittle tag (ada tag yang duplicate atau sama), rupanya "tag" yang saya masukkan ke artikel saya ada yang sama dengan nama di "category" dan itu juga dilarang oleh google (baru tahu saya). Jadi saya hapus nama tag yang sama dengan nama category. Contoh di kategori ada kata "SEO" jangan lagi pakai kata tersebut di tag, inilah dinamakan duplicate tittle tag.
Cara mengetahui kesalahan yang terjadi di blog kita adalah :


  1.  Masuk ke dashboard google webmaster tools  https://www.google.com/webmasters/ (jika belum ada account, silakan sign up / daftarkan. Ini akan sangat membantu kita untuk memantau blog kita).
  2. Kemudian ke Optimization > HTML improvement
  3. Jika terjadi kesalahan maka akan ada tulisan yang berwarna biru (dalam kasus saya adalah short meta description dan duplicate tittle tag)
  4. Klik dan lihat kesalahan kita
  5. Perbaikilah kesalahan tersebut di blog kita melalui edit posting.
cara mengetahui kesalahan blog kita
Setelah lakukan perbaikan, saya juga melakukan ping ke google lewat http://googleping.com dan submit beberapa artikel ke sosial bookmark seperti vivanews dan infogue.


Sekian, semoga bermanfaat...



Selamat Mencoba....

16 comments:

  1. sob, agar cepat terindex di google kira2 butuh waktu berapa lama nih sob???mohon pencerahannya n salam sukses selalu.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas ucapan suksesnya...
      Setelah daftar di webmaster google, biasanya sekitar 3 hari sudah terindex. Perlu diingat "blog kita harus daftar dulu ke webmaster google". Banyak keuntungan kita untuk daftar ke Webmaster google.
      Semoga bermanfaat...

      Delete
  2. bermanfaat sekali infonya gan, blog ku artikelnya 100 an lebih, tpi yang terindex google hanya 3,.lalu cara untuk menggunakan layanan di https://www.google.com/webmasters/ bgaimna gan, saya belum paham.??

    ReplyDelete
  3. makasih banyak atas infonya ya gan..

    ReplyDelete
  4. ane juga kena masalah yg sama gan..thanks banget infonya

    ReplyDelete
  5. Mantep kebetulan saya juga baru alami nih.. maturnuwun sob.. monggo mampir di blog saya

    ReplyDelete
  6. mantap gan ,,,
    saya juga mengalami masalah ni gan ,,,
    pertama blog saya ke index di page 5 trus sekarang malah ngilang gx ada,,
    kira kira apa yg harus saya lakukan yah gan ?
    oh ya blog saya dengan keyword sewa villa

    ReplyDelete
  7. terikamasih infonya gan, saya akan coba perbaiki menurut saran agan

    ReplyDelete
  8. Info penting nih. Udah di bookmark. Ane tunggu info penting lainnya gan.

    ReplyDelete
  9. Persis sekali dengan yang saya alami, makasih ya Gan atas share nya,....

    ReplyDelete
  10. Mantebs infonya,.. Terima Kaih, Om,,,

    ReplyDelete
  11. Bisa dijelaskan lebih detail mas cara mengatasi Short Meta Description, soalnya saya ada 4 url yang bermasalah dipoint tersebut..

    ReplyDelete
  12. jadi beberapa paragraf yang sama aja bisa berpengaruh ya... makasih infonya..

    http://www.tokoobatku.com/obat-uretritis-herbal/

    ReplyDelete