Wednesday, July 8, 2015

Cara Me-reset atau Menggantikan Username dan Password Login Wordpress di cpanel

Cara Me-reset atau Menggantikan Username dan Password Login Wordpress di cpanel - Banyak orang yang menasehatkan, "Ingat Password anda, Jangan tuliskan Password anda buku catatan ataupun dimana saja". Tetapi karena banyaknya password yang harus diingat sehingga bisa saja melupakan password login Blog Wordpress kita. Coba bayangkan saja, di dalam kehidupan kita sehari-hari, kita harus mengingat PIN ATM, Password Email, Password login Komputer, Password Smartphone, Password online shop dan masih banyak lagi password-password yang lain. Jangankan Password, bisa-bisa Username login-pun bisa lupa.

Oleh karena itu, jika anda lupa akan password dan username login wordpress anda, jangan panik. Banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan mereset atau merubahnya di cpanel hosting kita.
Berikut ini akan saya sharing bagaimana cara untuk merubah atau mereset username dan password dengan menggunakan myphpadmin di cpanel. Cara tersebut mudah dan efektif.
1. Masuk ke cpanel hosting blog anda
2. Cari Menu Database dan klik ikon phpMyAdmin
phpMyAdmin
3. Di Sidebar phpMyAdmin, pilih database wordpress (user_namadatabase)  yang mau diganti atau reset Password-nya.

4. Di drop down database wordpress yang dipilih tersebut, klik [wp_users]
5. Klik [edit] pada menu wp_users. (ikon yang bertanda pensil)
6.  Jika anda ingin gantikan username login wordpress anda, anda dapat mengubahnya di [user_login] seperti yang ditunjukan di gambar bawah ini, jika ingin username yang lama, maka dibiarkan saja.
Di menu drop down user_pass, pilih MD5 dan ganti password anda dengan password baru.

Demikian caranya untuk mereset Password Wordpress jika kita lupa akan password Login dan username Wordpress kita. Ini merupakan salah satu solusi terbaik jika kita lupa password admin wordpress ataupun wordpress kita dihack dan menggantik password kita selama ini.
Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment