Monday, May 18, 2015

Cara Scan Virus di Cpanel (Meningkatkan Keamanan Blog)

Beberapa waktu dekat ini, blog wordpress saya terserang virus dan malware yang menyebabkan seluruh blog saya kacau balau, bahkan pihak hosting sempat menonaktifkan layanannya karena terindikasi pengiriman lebih dari 100 email dalam satu jam secara otomatis dari blog saya. Hal ini menyebabkan saya harus mencari jalan keluarnya, terutama mencari apa penyebabnya dan solusi untuk mengembalikan blog saya agar dapat normal kembali. Akhirnya dengan bantuan pihak penyedia hosting yang profesional dan juga dengan beberapa tips yang saya dapatkan dari hasil googling, akhirnya permasalahan ini dapat diatasi dengan baik.

Karena dengan adanya insiden tersebut, akhirnya saya sadar betapa pentingnya menjaga keamanan blog saya agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki.
Salah satu ilmu yang saya dapat dalam meningkatkan keamanan hosting blog adalah melakukan scan virus secara rutin. Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa sebenarnya setiap Cpanel yang kita gunakan untuk mengendalikan proses hosting kita ini memiliki kemampuan ataupun fitur untuk melakukan Scan Virus. Jadi sebenarnya tidak perlu susah payah untuk mencari antivirus khusus untuk melakukan scan virus, cukup dengan Virus Scanner yang disediakan dalam Cpanel saja.

Cara Melakukan Scan Virus di Cpanel 

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Scan virus di Cpanel Web Hosting kita. Caranya pun cukup mudah, dengan beberapa langkah dan waktu untuk melakukannya.

  1. Masuk ke Cpanel dengan mengisikan Username dan Password anda.
  2. Di Menu Home Cpanel, Scroll turun layar dan carikan kotak Menu "Advanced"
  3. Di Menu "Advanced" tersebut klik [Virus Scanner]
  4. Terdapat 4 pilihan pada menu Virus Scanner diantaranya adalah "Scan Mail", "Scan entire Home Directory", "Scan Public Web Space" dan "Scan Public FTP space". Silakan scan satu per satu dari pilihan tersebut. Utamakan untuk melakukan scan pada pilihan "Scan entire Home Directory".
  5. Klik [Scan Now]
  6. Virus Scanner Cpanel ini akan melakukan Scan Virus, tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya.

Jika ada file kita yang terjangkit virus atau malware, lakukan pilihan "Destroy" untuk menghapus file yang terjangkit tersebut.

Demikian cara untuk melakukan Scan Virus di Cpanel dengan menggunakan Virus Scanner yang disedikan oleh Cpanel. Saran saya, diusahakan untuk scan virus secara rutin (misalnya seminggu sekali) untuk memastikan blog kita aman dari serangan virus.
Selamat Mencoba dan Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment