Tuesday, May 8, 2012

Cara submit blog kita ke Search Engine Ask.com

Selama ini mungkin kita hanya ingat 3 Search Engine terbesar dan terkenal yaitu google, yahoo dan bing. Tapi tahukah anda selain itu masih banyak sekali search engine yang ada di dunia maya ini. Meskipun tidak sepopuler seperti google, yahoo dan bing. Search Engine lainnya juga dapat kita gunakan untuk menambahkan traffic ke blog kita. Hanya cukup menyisihkan sedikit waktu untuk submitnya, apalagi kalau itu gratis, kenapa tidak....
Oke, Diantara Search Enginee yang mungkin tidak kita ketahui itu, salah satunya adalah Ask.com. Setelah saya check, Alexa rank-nya adalah 54, yang artinya Search Engine ini cukup populer di mata dunia maya Internasional, cuma mungkin tidak terkenal di Indonesia.
Cara Submit Url-nya juga tidak serumit google dan bing (juga Yahoo yang sudah join dengan bing) yang harus verifikasi kepemilikan blog atau memasukkan meta code dan lain sebagainya.
Untuk Ask.com, cukup menggunakan jasa ping di dari Url sitemap atau cukup ketikkan kode didalam Address toolbar.

Masukkan Kode berikut ini:
(Ganti tulisan warna merah dengan nama blog anda).



Untuk blogger :
http://submissions.ask.com/ping?sitemap=http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml


Untuk Wordpress :
http://submissions.ask.com/ping?sitemap=http://namabloganda.wordpress.com/sitemap.xml






Jika berhasil, maka akan muncul layar seperti berikut ini :














Selamat mencoba.....

UPDATE :
CARA INI SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI, hal ini dikarenakan ada perubahaan kebijakan di Ask.com sendiri. Mereka tidak akan memberikan cara submission lewat ping URL, tetapi mereka akan meng-index (crawl) blog kita lewat link-link kita yang tersebar dimana-mana untuk mendapat content dan blog yang berkualitas dan relavan.
 

11 comments: