Friday, December 14, 2012

Cara Saya agar diterima oleh Google Adsense

google adsense menerima blog ini
Akhirnya Google Adsense menerima permohonan saya untuk menjadi bagian dari Publisher (penerbit) mereka untuk menerbitkan iklan Google Adsense. Memang, mendapatkan persetujuan Account Google Adsense merupakan harapan dan keinginan dari sebagian besar blogger. Tetapi dalam perjalanan untuk mendapatkan persetujuan tersebut perlu semangat perjuangan yang tinggi dan tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan.
Saya sendiri secara pribadi telah ditolak oleh Google Adsense sebanyak 4 kali dengan menggunakan 2 blog dan 1 Account Email dari Gmail semenjak saya memulai blogging pada 7 bulan yang lalu. 

Tetapi karena keinginan saya yang sangat kuat untuk mendapatkan persetujuan sebagai Publisher (penerbit) dari Google Adsense, saya selalu berusaha dan mencari tahu dari berbagai sumber baik dari Forum maupun sharing pengalaman dari blogger lainnya.

Mengapa saya sangat tertarik dengan google adsense?

Mungkin banyak pertanyaan dari teman-teman, toh masih banyak lagi Penyedia PPC (Pay Per Click) yang lain dan juga tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan Google Adsense. Mengapa harus Google Adsense? 
Salah satu alasan saya tertarik dengan Google Adsense karena Iklan yang dimunculkan di blog kita akan berhubungan (relavan) dengan apa yang kita tuliskan di Blog kita sehingga pengunjung blog kita akan memiliki minat dengan apa yang ditawarkan oleh iklan google adsense. Selain itu, menurut pengamatan saya, Google Adsense tidak akan meng-iklan-kan beberapa konten seperti Menjanjikan Pendapatan atau bisnis yang dapat menghasilkan Jutaan Rupiah dalam waktu singkat dan iklan yang bersifat pornografi, sehingga Blog kita akan terlihat sangat Profesional.

Sebenarnya Account Google Adsense baru saja disetujui beberapa jam yang lalu, tetapi saya sudah tidak sabar untuk sharing atau berbagi pengalaman dengan teman-teman yang masih berusaha untuk mendapatkan Account Google Adsense ini.

Berikut ini beberapa langkah yang saya lakukan agar diterima oleh Google Adsense :


  1. Harus Top Level Domain
    Sepertinya Top Level Domain merupakan suatu keharusan yang disyaratkan oleh Google Adsense, karena saya pernah memakai Subdomain .blogspot dan .co.cc untuk melakukan aplikasi (Permohonan) tetapi ditolak dengan alasan "Jenis Halaman", sehingga saya harus meng-upgrade subdomain saya dari .blogspot ke .com (atau boleh Top Level Domain apa saja seperti .net, .co.id, .info, .wed.id dan lain-lainnya). Untuk mengetahui cara menggantikan Subdomain blogspot ke Top Level domain silakan kunjungi artikel "Cara menggantikan Blogspot ke Top Level Domain"
  2. Menambahkan Halaman informasi "Tentang Saya"
    Halaman "tentang saya" diperlukan untuk memperkenalkan diri pemilik blog kepada pengunjung sehingga pengunjung lebih mempercayai konten yang disajikan.
  3. Menambahkan Halaman "Daftar Isi"
    Daftar Isi sangat berguna untuk memberikan informasi kepada Pengunjung blog kita tentang judul-judul artikel/posting yang terdapat di blog sehingga mempermudahkan mereka untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan (Visitor Friendly).
  4. Menambahkan Halaman "Contact me"
    "Contact Me" atau "Formulir Kontak" berfungsi sebagai komunikasi antara pemilik blog dan pengunjung dan sifatnya lebih pribadi (private) karena tidak perlu dipublikasikan seperti "comments"
    Untuk mengetahui Cara membuat Formulir Kontak (Contact me), anda dapat mengunjungi artikel "Cara membuat Contact Form di Blogspot"
  5. Menambahkan Link Related Posts (Artikel Terkait)
    Related Posts atau Artikel terkait untuk mempermudah Navigasi Pengunjung untuk menemukan Artikel yang mereka inginkan (lebih visitor friendly).
    Untuk mengetahui Cara membuat Related Posts, silakan kunjungi artikel "Cara Menambahkan Related Posts di Blogspot"  
  6. Menambahkan Link Popular Posts (Artikel Terpopuler)
    Popular Post atau Artikel Terpopuler berfungsi hampir sama dengan Related Posts yaitu mempermudah Navigasi pengunjung, tetapi yang ditampilkan adalah Artikel/posting yang banyak diminati oleh pengunjung lainnya dan kemungkinan besar Pengunjung tersebut juga akan tertarik dengan Artikel Popular tersebut.
    Untuk mengetahui Cara membuat Popular Posts atau Artikel Terpopular, silakan kunjungi artikel "Cara Membuat Populer Posts (Artikel Terpopuler di blogspot)"
  7. Mengunakan Platform Blogger (Blogspot)
    Meskipun ini bukan merupakan keharusan, tetapi saya percaya dengan menggunakan Blogger sebagai Platform blog kita ini akan dapat mempermudah kita diterima oleh Google Adsense. Hal ini dikarenakan Platform Blogger (Blogspot) merupakan layanan dari Google itu sendiri dan Google Adsense sudah terintegrasi di dalam Blogger (Blogspot). Tetapi ingat, harus diupgrade ke Top Level Domain dulu seperti yang saya sebutkan di Point No. 1.
  8. Hilangkan semua Iklan-iklan yang ada, termasuk program affiliasi dan PPC dari penyedia lainnya.
    Saya rasa, Google Adsense tidak menginginkan adanya iklan lain selain Google Adsense.
  9. Lakukan penambahan Artikel/Posting setiap hari atau minimal 2 hari sekali agar menambahkan kepercayaan kepada Google Adsense bahwa kita serius dalam aktifitas Blogging dan memelihara blog kita ini.
Point-point diatas kebanyakan adalah berorientasi kepada pengunjung (visitor oriented), karena salah satu tujuan dan kebijakan google adalah menyajikan pencarian dengan konten (isi) yang benar-benar relavan dan diperlukan oleh pengunjung.
Informasi lainnya yang mungkin juga berpengaruh terhadap diterimanya Account saya oleh Google Adsense :
  1. Jumlah Artikel sekitar 30 posting
  2. Umur Blog saya sekitar 8 bulan dengan subdomain blogspot, tetapi hanya 20 hari dengan domain dot com
  3. Sekitar 150 ~ 200 daily Pageviews 
  4. Sudah Terdaftar di Google Analytics
  5. Sudah Terdaftar di Google Webmaster Tools  
  6. Blog berbahasa Indonesia
Pada saat ini, Google Adsense akan melakukan dua kali persetujuan atau dua kali review untuk setiap blog yang ingin bergabung ke Google Adsense. Jadi jangan senang dulu kalau blog kita sudah disetujui pada langkah Pertama yaitu kita sudah dapat meletakkan kode Google Adsense-nya di blog kita tetapi kotak iklannya masih kosong. Karena Google Adsense juga dapat menolaknya di Review yang kedua.
Menurut saya, Point No. 1 merupakan Kunci Penentu untuk bisa lolos di Review Pertama, dan Point No. 2 sampai No. 9 merupakan Kunci Penentu untuk bisa lolos di Review Kedua yaitu benar-benar disetujuinya blog kita sebagai Publisher yang menerbitkan Iklan Google Adsense.
Ada lagi hal yang terpenting adalah semangat kita untuk selalu menyajikan Konten Asli kepada pengunjung dan bukan "Copy Paste". 

Semoga Pengalaman saya ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan persetujuan account dari Google Adsense.

Selamat Mencoba....






27 comments:

  1. waah mantep tuh kawan bisa di terima GA.
    saya juga mempersiapkan untuk daftar GA...hehehe

    terimakasih infonya kawan.

    ReplyDelete
  2. saya belum ngerti soal google adsense mas. maklum baru di dunia blogging..hehe

    terimakasihnya infonya, dan salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga....
      Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  3. Wah selamat ya sob dah dpt GA, aku mh tdk beruntung terus nich, selalu di tolak... :'(

    ReplyDelete
  4. Selamat ya gan,,ane juga pengen daftar ah...

    ReplyDelete
  5. wah mantep bro, ane ditolak trus, apa domain ane pakai web.id, tapi saya lihat domain dengan nama belakang web.id banyak yang diterima, kunjung balik bro

    ReplyDelete
  6. ingin deh di terima ga, hee
    thanks tips nya gan

    ReplyDelete
  7. www.jasaadsenseblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. saya sudah beberapa kali mencoba daftar di google adsense namun selalu disapprove
    bisa tolong bantu cek blog saya gak
    www.storefile.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. maknyos bro tipsnya. bermanfaat!

    ReplyDelete
  10. akan saya coba terapkan tipsnya!

    ReplyDelete
  11. bagi yang belum diaprove GA berusaha lagi dan tak doakan diterima
    amiin

    ReplyDelete
  12. yaa, nanti saya coba. saya udah gagal berkali-kali. laur biasa. trmksh

    ReplyDelete
  13. saya sudah pernah daftar di blog saya sekali tapi di tolak mentah mentah. entah apa salah saya. apa sih yang salah dari blog saya? www.kickymaulana.com mohon kunjungan balik ya

    ReplyDelete
  14. salam kenal gan. apakah blog saya sudah pantas daftar di google gan? mohon pencerahanya. www.mamiekinfo.com

    ReplyDelete
  15. Masak sulit sih daftar GA?? ini punyaku blog asal"an,baru daftar 3 hari langsung di setujui,2 hari dapat iklan kosong,eh taunya hari ke 3 iklannya udah muncul. . . . ini blog aku. . . www.tokotuban.com . . .

    ReplyDelete
  16. informasi yang sangat bagus bagi saya yang ingin mendaftar google adsense.. thanx admin :)

    ReplyDelete
  17. mksi mas info nya,saya mau sharing juga ni mas...saya kebetulan baru di terima oleh google adsense tahap pertama..dan sudah menempatkan iklan kosong di blog saya..klau bleh thu gmana mas ya mengrimkan permintaan iklan ke google adsense untuk blog kita..ni blog saya mas www.carikerjasampingan.com terima kasih

    ReplyDelete
  18. akan saya coba terimakasih triknya

    ReplyDelete
  19. triknya sungguh membantu saya,psti kan saya praktekkan.Mohon kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bermanfaat Bos!

    ReplyDelete
  21. susah gan gak diterima" padahal dah Top Level Domain

    ReplyDelete
  22. asslm.. gan, google adsense saya sudah di setujui di tahap pertama, jadi diblog saya muncul seperti ruang kosong (iklan kosong), saya mau tanya nih, kira kira berapa lama ya blog saya di terima untuk tahap kedua ?
    blog saya : www.albarkotarindau.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. salam, gan coba cek web saya, apa yang kurang, selalu ditolak sama adsense.

    ini link nya
    http://nangroeaceh.com/

    ReplyDelete