Monday, December 10, 2012

Cara Membuat Contact Form di Blogspot

add contact us at blogspot
Tujuan dari pembuatan Contact Form atau Formulir Kontak di suatu blog adalah untuk mempermudah pengunjung untuk melakukan komunikasi dengan pemilik blog. Banyak sebutan-sebutan yang dipakai untuk judul Contact Form, diantaranya "Contact us", "Contact me", Hubungi Saya" atau "Hubungi Kami". Syarat daripada Contact Form minimal harus memiliki "Nama" pengunjung, "Alamat Email" pengunjung dan "Pesan" atau "Berita" yang akan disampaikannya kepada anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa informasi di halaman "Contact me" agar terlihat lebih profesional.

Saat ini, kita tidak perlu lagi menuliskan kode-kode html untuk dapat membuat Contact Form. Kita cukup daftar ke website penyedia contact form dan melakukan Copy Paste kode html tersebut ke blog kita.
Beberapa penyedia contact form antara lain :
  • 123contactform.com
  • emailmeform.com
  • wufoo.com
  • foxyform.com
  • kontactr.com
  • Jotform.me
  • dan mungkin masih banyak lagi.
Pada kesempatan ini, saya ingin sharing mengenai langkah-langkah untuk membuat Contact Form di http://www.123contactform.com. Karena Blog ini juga memakai layanan Contact Form dari 123contactform.com.
Singkat cerita, berikut ini langkah-langkahnya :

A. Daftar ke situs penyedia Contact Form

1. Kunjungi situs http://www.123contactform.com
2. Klik "Sign up for Free"
signup 123contactform

3. Pilih "Sign up" di Kotak BASIC (layanan gratis)
paket gratis contact form

4. Isikan data-data anda seperti Nama, Password, dan Email
your data at contact form

5. Klik "Create Account"
6. Pilih "Contact Form" di menu Select new form type
7. Maka akan muncul halaman baru, Isilah Judul untuk Contact form anda
add title for contact form


8. Klik "OK" maka akan muncul formulir contoh seperti dibawah ini  :
sample for contact form

9. Jika anda setuju dengan Contoh tersebut, silkan klik "Continue"
10. Centang alamat email yang akan anda gunakan kemudian "Save"
email address
11. Di Menu sisi kiri, cari dan Klik "Blogger"
12. Copy Kode html yang ada di dalam kotak untuk di paste-kan ke halaman "Contact" di blog anda
kode html untuk blogger anda


B. Lakukan Setting di Blog anda 

1. Masuk ke dashboard blogspot anda
2. Klik "Pages"
3. Klik "New Page", maka akan muncul 2 pilihan "Blank Page" dan " Web address"
4. Pilih dan Klik "Blank Page"
new page at blogger

5. Isikan Judul halaman yang anda inginkan, seperti contact me atau hubungi saya
6. Klik 'HTML" (ingat, harus klik HTML bukan Compose)
7. Paste-kan Kode html yang telah anda Copy dari situs 123contactform ke dalam kotak HTML.
buat halaman contact form di blogger
8. Klik "Update"

Catatan : anda dapat menambahkan kata-kata di halaman Contact me sebelum formulirnya.

Selamat Mencoba.....
Semoga bermanfaat.....

14 comments:

  1. Thanks gan buat tips2nya..
    sukses selalu

    ReplyDelete
  2. makasih bgt gan infonya, sangat membantu ne,,,

    ReplyDelete
  3. ini yang saya cari. thanks ya,,,
    kalo bersedia kunjungan baliknya.

    ReplyDelete
  4. makasih mas brow atas tutorialnya, saya sudah mencobanya dan alhamdulilah berhasil hehehe :)

    ReplyDelete
  5. maknyos tutorialnya. akan saya coba.
    thanks sudah share :D

    ReplyDelete
  6. ini dia yang saya cari, banyak tutorial cara membuatnya, dan ini menurut saya mudah dan gampang di ikuti, terima kasih gan :)

    ReplyDelete
  7. ternyata caranya yg ini lebih mudah. makasih banyak ilmunya sudah di sharing... klo ada waktu mampir ke blogku gan... salam kenla gan

    ReplyDelete
  8. saya baru tahu kalau di blogspot juga bisa buat contact form?

    ReplyDelete
  9. Saya akan coba saran dari agan, terimakasih sudah share

    ReplyDelete
  10. Penjelasannya bagus,sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  11. makasi tutorial mas gan,,, akan saya coba di blog saya

    ReplyDelete