Friday, November 8, 2013

Cara Menerima / Mengambil Uang kiriman dari Luar Negeri di Western Union Kantor Pos

Tak terasa, saya telah menjadi seorang blogger part time selama 1,5 Tahun. Mulai dari tidak mengerti tentang Blogging sampai mendapatkan penghasilan lewat aktivitas Blogging ini. Memang penghasilannya masih kecil tetapi tidak menyurutkan motivasi saya untuk tetap melanjutkan hobi saya dalam menulis. Penghasilan yang saya dapatkan sebagian besar adalah berasal dari Google Adsense yang ditampilkan dalam blog-blog saya. Nah untuk menerima penghasilan dari Google Adsense tersebut yang kantor Google-nya adalah berada di Amerika Serikat (USA), tentunya saya tidak bisa meminta mereka untuk Transfer ke rekening Bank saya yang di Indonesia.
Dan juga Google Adsense hanya memberikan 2 opsi bagi Blogger Indonesia (seperti saya) untuk menerima uang tersebut, yaitu dengan menggunakan pengiriman "Check" atau dengan transfer elektronik lewat "Western Union".
Setelah saya pertimbangkan, Transfer elektronik lewat Western Union merupakan cara yang termudah, apalagi Western Union didukung oleh Kantor Pos Indonesia yang memiliki jaringan luas di hampir seluruh Indonesia. Dan Memang benar, menggunakan layanan Western Union Kantor Pos Indonesia dalam mencairkan uang kiriman tersebut sangat mudah tanpa biaya apapun. Ditambah lagi Jadwal kerja Kantor Pos yang melayani masyarakat sampai Jam 20.00WIB setiap hari kerja, ini lebih mempermudah saya sebagai seorang pekerja kantoran yang pulang kerjanya adalah Jam 17.00 WIB.
Pada umumnya si Pengirim Uang akan memberikan Nama dan Alamat Pengirim dan Nomor Transfer yang disingkat dengan MTCN (Money Transfer Control No.).

Persyaratan dan prosedur menerima uang Kiriman Western Union di Kantor Pos Indonesia

Untuk dapat menerima uang kiriman Western Union di Kantor Pos Indonesia, tentunya kita perlu memenuhi beberapa persyaratan mudah ataupun prosedur pencairan dananya. Persyaratan atau Prosedur tersebut diantaranya adalah :

  1. Fotocopy Kartu Indentitas (KTP / SIM / Paspor)
  2. Mengisi Formulir "PENERIMAAN UANG / To Receive Money" Western Union.
  3. Serahkan ke Petugas Kantor Pos yang melayani Western Union
  4. Tunggu beberapa saat, petugas Kantor Pos akan mencocoki datanya di Komputer.
  5. Petugas Kantor Pos akan menyerahkan Uang kiriman tersebut dalam bentuk Rupiah. (Nilai Tukar Rupiah dengan Mata Uang Asing Pengiriman akan disesuaikan dengan Nilai Tukar Kantor Pos pada hari yang bersangkutan.
  6. Tanda Tangan sebagai bukti penerimaan di Formulir Penerimaan Uang.

Cara Mengisi Formulir Penerimaan Uang (To Received Money) Western Union di Kantor Pos Indonesia

Beberapa Informasi dan Data Pribadi yang wajib diisi dalam Formulir Penerimaan Uang Western Union adalah :
Data Penerima / Receiver :
  • Nama
  • Alamat
  • Nomor Telepon

Data Pengirim / Sender :
  • Nama
  • Alamat
  • Nomor Telepon (jika ada)
  • Jumlah Uang yang dikirim
  • Nomor Transfer (MCTN) 
Berikut ini contoh Formulir Penerimaan Uang (To Received Money) Kantor Pos Indonesia.

4 comments:

  1. kalau ngambil WU di Bank bisa gak ya ??

    ReplyDelete
  2. Kalo nama di KTP beda gmn y? kurang satu huruf? bisa g

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kantor Pos dan WU mengharuskan Nama penerimanya sama persis dengan KTP

      Delete