Saturday, November 23, 2013

5 Aplikasi Android gratis yang bermanfaat bagi seorang Blogger

Sebagai seorang Blogger, memperoleh informasi terbaru dan memantau blog-blog yang dikelolanya merupakan hal yang penting dilakukan. Seiring dengan perkembangan Zaman yang telah memasuki era Mobile, hampir semua aktivitas untuk memperoleh informasi dapat dilakukan melalui sebuah ponsel pintar alias Smartphone. Dengan sebuah Smartphone, kita dapat membaca berita, mendapatkan informasi Online, membaca buku Elektronik (E-Book), mengetahui update rekening Bank, menulis catatan, mengambil Foto dan masih banyak lagi. Fungsi-fungsi smartphone yang disebut tadi merupakan fitur umum yang sering dipakai oleh hampir setiap orang pemakai Smartphone.


Nah khusus bagi seorang Blogger, selain pemakaian fungsi Smartphone yang disebut diatas, Smartphone terutama Smartphone dengan Sistem Operasi Android, kita dapat memantau perkembangan blog-blog kita seperti mengetahui Jumlah Pageview maupun Pengunjung Blog, Mengetahui Pagerank dan peringkat Alexa serta Index Google, Membuat tanda khusus di Photo yang akan kita lampirkan dalam Blog kita, membuat catatan penting saat kita memiliki inspirasi dalam menulis artikel dan bahkan mengetahui Jumlah Pendapatan Google Adsense.
Tentunya semua yang disebutkan tadi dapat diperoleh melalui Browser Internet yang mengakses ke Situs-situs tertentu, tetapi akan sangat memakan waktu dan tidak efisien sekali.
Disini saya ingin merekomendasikan 5 Aplikasi Android yang menurut saya sangat bermanfaat bagi kita dalam aktivitas Blogging :

Chrome Browser - Google

Blogging, tentunya adalah kegiatan yang bersifat online, oleh karena itu Browser Internet merupakan poin utama. Chrome Browser memiliki Page Loading Time (Kecepatan membuka halaman) yang cepat dan juga mudah dipakai. Kita dapat dengan mudah membuat Bookmark untuk Situs yang sering kita gunakan dan juga menambahkan Bookmark tersebut ke Home Screen (halaman depan) Smartphone kita agar lebih mudah diakses. Disamping itu kita dapat menguji atau melihat Blog kita sendiri melalui Chrome Browser apakah penampilannya seperti yang kita harapkan.





gAnalytics - Google Analytics

Salah satu alat penting dalam melakukan Analisis terhadap Blog kita adalah menggunakan Google Analytics. Google Analytics adalah sebuah alat analisis situs gratis yang dibuat oleh Google untuk membantu para Blogger untuk dapat menganalisa Blog mereka sendiri. Dengan Google Analytics, kita dapat mengetahui Jumlah Pageviews, Visitors, Sumber Trafic, Gadget dan OS ataupun Browser yang dipergunakan pengunjung, Rasio Bounce Rate, Halaman mana yang paling banyak dikunjungi dan masih banyak lagi. Sebelum kita menggunakan aplikasi ini kita perlu register dulu di Situs Google Analytics dan memasukan Kode Konfirmasi ke dalam Blog kita.




WebRank SEO

WebRank SEO adalah salah satu aplikasi android yang memungkinkan kita untuk mengetahui Pagerank suatu Blog, Peringkat dan Jumlah Backlinks Alexa, Jumlah halaman yang di index Google dan Bing, Website IP dan juga Hosting yang digunakan. WebRank SEO juga menampilkan Meta Description dan Meta Keywords pada situs yang bersangkutan.







Add Watermark Free

Sering menggunakan Smartphone Android anda untuk mengambil Foto kemudian upload ke Blog anda? Maka kita dapat menggunakan Aplikasi Android yang berjudul "Add Watermark Free" ini untuk menambahkan alamat blog kita atau nama kita ke Foto/gambar yang akan kita upload agar pengunjung mengetahui bahwa Foto atau gambar tersebut adalah hasil karya kita. Menambahkan tulisan seperti nama blog ataupun nama photographer ke permukaan Foto atau Gambar disebut dengan Watermark.





Evernote

Evernote merupakan suatu aplikasi Android yang sangat bermanfaat bagi kita dalam menuliskan catatan-catatan penting sebelum kita tuangkan ke dalam Blog kita. Pada Aplikasi Evernote, kita dapat melampirkan Gambar, Foto, Audio dan Video ke dalam catatan kita. Kita juga dapat membuat klasifikasi catatan ke dalam folder-folder untuk mempermudah kita dalam mencarinya di kemudian hari.






Semoga rekomendasi saya ini bermanfaat dan selamat mencoba ....


No comments:

Post a Comment