Wednesday, November 21, 2012

Cara Pindah Hosting Setelah Ganti Domain dengan fitur Impor Website

Blog saya yang berdomain co.cc sudah tidak bisa diakses lagi sama sekali (kemungkinan ada permasalahan di co.cc-nya), hal ini membuat saya terpaksa harus membeli domain yang berbayar (.com, .net, .web.id, .co.id dan lain sebagainya). Akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain .com, karena menurut nasehat dari sebagian besar pakar blogger bahwa .com memang lebih baik dan mudah diingat orang.
Setelah saya membeli domain berbayar, permasalahan saya adalah bagaimana caranya untuk dapat memindahkan semua database dan isi daripada domain lama ke domain yang baru. Kebetulan hosting yang saya pakai adalah hosting gratis di idhostinger dan saya juga ingin tetap di idhostinger (karena gratis).

Kalau sewa hosting yang berbayar, mungkin bisa minta mereka yang memindahkannya untuk kita. Tetapi sekali lagi, yang ini gratis, jadi harus kita kerjakan sendiri.
Menurut para blogger senior, pemindahan ini cukup mudah, tetapi tidak ada satupun yang memberikan jalan atau cara yang benar-benar detail, sehingga saya harus bolak-balik "googling" untuk mencara informasi satu per satu dan mencocokkan ke kondisi saya. Sehingga saya memakai waktu hampir 2 hari untuk menyelesaikannya. Lumayan lama, tapi menurut saya ini adalah pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa manfaatnya.
Singkat cerita, disini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang cara untuk memindahkan hosting setelah ganti nama domain.

I. Yang harus dikerjakan di domain dan hosting lama :

1. Ke "Control Panel" kemudian klik "backup"
2. Klik "buat backup baru" kemudian akan muncul beberapa file seperti digambar

3. Klik "Jadikan backup agar siap untuk di donwload" kemudian akan muncul "Download"
4. Klik "Download", kemudian klik "Save" di kotak dialag yang muncul
    Catatan : u9999999.tar adalah semua file yang ada di "public_html"
                   u9999999_upaRa.sql.gz adalah database

II. Upload ke domain dan hosting baru 
Dengan Cara menggunakan Fitur Impor Website dan Impor Database

1. Pastikan nama domain baru sudah ter-pointing ke nama server yang kita sewa
2. Ke "Control Panel" kemudian klik "Impor Website"
3. Carilah file (.tar) yang telah dibackup
4. Klik tombol "Impor Website"
5. Kembali lagi Ke "Control panel" kemudian klik "Impor database"
6. Carilah file (.sql.gz) yang telah dibackup
7. Klik tombol "impor"
8. Kembali ke "Control Panel" dan Klik "File Manager"
    (untuk masuk ke ftp client, kalau di idhostinger, cari File manager 3" yaitu net2ftp - web based)
9. Cari "wp-config.php" dan klik "edit" untuk melakukan edit di wp-config.php
    ("wp-config.php" berada di dalam folder "public_html")
10. Gantikan : DB_NAME, DB_USER, DB_PASSWORD, DB_HOST sesuai dengan
      mySQL Database, User, Password dan Host yang baru.

12. Simpan (Save) wp-config.php 
11.. Selesai....silakan periksa apakah website anda berjalan normal.

Di Kesempatan selanjutnya akan saya bahas cara pindah hosting dengan menggunakan program FTP client.

Selamat Mencoba.....
Semoga Bermanfaat.....






6 comments:

  1. lengkap sekali penjelasannya, tahu gini saya bisa melakukannya sendiri tanpa harus menggunakan jasa pindah website
    terima kasih atas infonya, izin membookmark

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya...
    Apakah perlu biaya untuk jasa pindah website?
    Kira-kira berapa ya?

    ReplyDelete
  3. ditunggu untuk yang menggunakan ftp client sob... :)

    ReplyDelete
  4. Kalo pindah dari hosting blogger k yg berbaya bsa gak gan?

    ReplyDelete
  5. keren........ sangat membantu dan bermanfa'at..
    i like.....

    ReplyDelete