Tuesday, October 9, 2012

Cara Mengatasi Page Error untuk domain co.cc di hosting idhostinger

Beberapa minggu yang lalu saya dikejutkan oleh permasalahan tidak bisa diaksesnya blog saya yang berdomain di co.cc dengan hosting idhostinger gratis. Awalnya saya mengira itu adalah permasalahan sementara yang mungkin diakibatkan oleh trafik di Server idhostinger (Maklum kan pergunakan layanan gratis). Tetapi kok selama 3 minggu tidak bisa diakses, berarti ada "something wrong" di domain co.cc atau mungkin di idhostinger-nya.
Setelah ditelusuri dan dengan bantuan dari seorang teman forum di idhostinger, akhirnya menemukan caranya.
Ternyata, domain co.cc sedang mem-blokir nameserver idhostinger yang mungkin dikarenakan oleh penyalahgunaan hosting gratis ini oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti melakukan spamming dan lain sebagainya.


Singkat cerita, berikut ini caranya untuk mengatasinya :
1. Masuk ke account co.cc anda
2. Klik "Zone Record"
3. Isikan nama domain anda di "HOST"
4. TTL di 1D
5. Type A
6. Isikan IP Server di "Value"
7. Klik "Set up"

Untuk dapat menerima dan mengirimkan email melalui webmail, diperlukan lagi langkah selanjutnya yaitu menambahkan MX Record seperti langkah dibawah ini :
1. Klik "MX"
2. Isikan nama domain and di Host
3. TTL : 1D
4. Type : MX
5. Isikan Value dengan kalimat ini "mx1.idhostinger.com"

Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Silakan tunggu sekitar 15 menit sampai 48 jam, pengalaman pribadi saya sekitar 15 menit blog saya sudah dapat diakses kembali.

Semoga bermanfaat ........
Selamat Mencoba .....


1 comment:

  1. Ya, co.cc sudah tidak bisa diakses lagi. Website induknya www.co.cc aja tidak bisa diakses. Saya sudah "give up" alias menyerah dengan domain tersebut. Salah satu blog yang saya kelola sudah saya pindahkan domainnya ke .com.
    Jadi anjuran saya, pindah aja domainnya.

    Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

    ReplyDelete