Sunday, June 17, 2012

Cara Mengetahui URL feed blog anda

subcribe to this feed
Saya percaya pasti banyak blogger maupun netter yang tidak mengetahui tentang feed, termasuk saya sebelumnya. Saya ingin mengetahui feed karena sebelumnya beberapa web direktori dan sosial bookmarking memerlukan pengisian alamat URL feed dari blog yang saya kelola.
Feed atau "PENGUMPAN" dalam bahasa Indonesia merupakan suatu layanan website atau blog yang berfungsi untuk mengumpulkan RSS (Really Simple Syndication) dan mendistribusikan kepada pelanggan blog kita atau feed tersebut.
Jadi apa itu RSS? RSS adalah versi sederhananya blog kita yang menampilkan posting kita tanpa menyertainya pernik-pernik widget, sidebar, footer, heater, iklan dan lain sebagainya. Dengan melakukan Subcribe (mendaftar) RSS kita dapat mengetahui posting baru dari blog favorit kita melalui email dan biasanya hanya memunculkan satu atau dua kalimat di postingan yang bersangkutan.

Cara mengetahui alamat URL feed blog sebenarnya cukup mudah, berikut ini caranya :


  • Buka Blog kita di browse mozilla firefox
  • Klik kanan di mana saja dalam blog kita, maka akan muncul seperti gambar berikut ini :
klik kanan untuk mendapatkan view page info

  • Klik "View Page Info
  • Maka akan muncul jendala popup 
  • Klik tab "Feeds", maka akan muncul alamat URL Feeds blog kita seperti gambar berikut ini :
feeds at popup windows firefox


**Cara ini hanya berlaku di blog yang mendukung Script RSS (tapi rata-rata CMS dan blogspot sudah mendukung Script RSS

Untuk yang memakai browser selain firefox, dapat menggunakan : (di klik kanan)
  • "View Page Source" di Google Chrome
  • "View Source" di Internet Explorer

Contoh alamat URL feeds di source code seperti dibawah ini :

Semoga bermanfaat...

Selamat mencoba....
Apapun masalahnya, Dickson Ada Caranya.....





26 comments:

  1. Wah, sungguh saya tak memikirkan ini. Saya kira harus lewat Feedburner. Ternyata internal blogspot sudah ada RSS Feed-nya. Ctrl+U sudah mencukupi. Terima kasih, Mas. Berjuanglah terus! Bagus.

    ReplyDelete
  2. terima kasihnya sebelumnya, tetapi disini saya ingin tanya untuk link Feed url posting bukan Halaman,

    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Di monitor saya ko ga ada logo rss nya..

    ReplyDelete
  4. Trima Kasih Info nya..
    Jangan Sungkan2 mampir ke blog ane, http://www.ddeokkok.com/
    :D di tunggu yah

    ReplyDelete
  5. baru tahu gan, thanks. rss feed diketahui untuk submit rss direktori ya?

    ReplyDelete
  6. iya sob saya baru tahu juga, jangan lupa mampir ke Blog sayaya thanks!

    ReplyDelete
  7. kok punyaku masih blum bisa ya??

    ReplyDelete
  8. waw, mantab infonya gan, emang dari kmrn saya bingung nyari url feed sendiri ketemu artikelnya disini makasih Gan mampir ya di = http.frekzoom.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. siip, baru tau ane hehe di firefox toh.. pntes nyari di chrome gak nemu
    makasih info tutornya

    ReplyDelete
  10. Akhirnya saya jadi tahu URL feed blog saya..Selama ini saya bingung...thx berat ya...

    ReplyDelete
  11. terima kasih sharingnya bos..
    sangat membantu sekali..

    ReplyDelete
  12. Benar-benar sangat membantu infonya. makasih ya om :D. sukse ya :D

    ReplyDelete
  13. sy lg belajar tentang backlink dan dr tutorial yg saya baca hanya menginstruksikan utk mencatat alamat feed nya saja tanpa menjelaskan caranya. akhirnya ketemu caranya disini. mksh

    ReplyDelete
  14. thenx atas info nya broo.
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. terimakasih untuk caranya, lagi belajar submit blog nih

    ReplyDelete
  16. kalo cara memasang widget nya rss di blog gimana gan?? nyari kode HTML nya dimana?? kunjung balik blog saya gan,, thanks

    ReplyDelete
  17. kalau di blogspot url feed nya lbh bagus pake feedburner ya Gan?

    ReplyDelete
  18. gan maaf nubie...digambar yang udah dalam kotak "feed" tuh,yang rss feed dari blog kita yang ditujuk tanda merah yang atas apa yang bawahnya?maaf ngrepotin...=

    ReplyDelete
  19. tutrialnya bagus, makasih Admin... sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. artikel yang bermanfaat. terima kasih

    ReplyDelete
  21. setelah aku klik kanan terus klik page info tapi selanjutnya mau klik feeds ga ada logo feeds di atasnya? mhn bantuannya teman2

    ReplyDelete