Thursday, January 22, 2015

Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter dengan Microsoft Word

Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter dengan Microsoft Word
Saat kita menulis artikel di Blog ataupun Artikel yang akan dimuatkan di Media tertentu, kita biasanya disarankan untuk menulis dalam jumlah kata yang ditentukan. Bagi seorang Blogger, Jumlah Kata yang terbaik atas saran beberapa ahli SEO (Search Engine Optimization) adalah lebih dari 300 kata hingga 1000 kata. Bagi seorang penulis artikel di Media Massa seperti koran maupun majalah, biasanya akan ditentukan jumlah kata dalam satu artikel, misalnya 700 kata atau 1000 kata (tergantung penerbitnya). Sedangkan jumlah kata dalam sebuah Cerpen (Cerita Pendek) adalah sekitar 1000 hingga 10000 kata.

Pada zaman Komputer masih merupakan barang mewah, kira-kira dibawah tahun 1995 (saat saya masih duduk di bangku Sekolah Teknik Menengah / STM), saya menggunakan Mesin Ketik dalam membuat berbagai Karangan, Makalah dan Tugas Sekolah, saya harus hitung kata demi kata untuk memastikan bahwa jumlah kata dalam makalah atau Tugas sekolah saya tersebut adalah sesuai dengan ketentuan Sekolah. Namun zaman sekarang, hampir setiap siswa ataupun penulis artikel telah menggunakan komputer untuk menulis artikel dan makalahnya. Perhitungan kata dalam artikel pun dapat menggunakan Komputer untuk melakukannya. Bagaimana caranya ?
Untuk mempermudah kita dalam mengetahui jumlah kata tersebut, kita dapat menggunakan program aplikasi pengolah kata buatan Microsoft yaitu Microsoft Word. Cara penggunaannya pun sangat mudah.
Ikuti langkah-langkah singkat dibawah ini :

  1. Buka Microsoft Word anda.
  2. Ketiklah artikel anda ke dalam Microsoft Word. Jika anda sudah mengetik di program aplikasi yang lain, silakan Copy dan Paste tulisan anda ke dalam Microsoft Word.
  3. Setelah selesai ataupun ditengah jalan pengetikan artikel, anda dapat melihat informasi jumlah kata di Status bar Microsoft Word seperti gambar dibawah ini :
    Cara Menghitung jumlah kata dengan Microsoft Word

Atau anda ingin informasi yang lebih lengkap seperti Jumlah Karakter dengan/atau tanpa spasi, jumlah paragraf dan jumlah baris. Silakan klik tulisan "Word" di status bar tersebut. Informasi yang diinginkan tersebut akan segera muncul seperti gambar dibawah ini.
Cara Menghitung jumlah kata dengan Word
Selamat Mencoba dan Semoga bermanfaat ...

1 comment:

  1. terima kasih
    http://belanjayuah.blogspot.com/
    http://catatansang1.blogspot.com/
    http://catatansang1.blogspot.com/

    ReplyDelete