Thursday, March 13, 2014

Cara Menghilangkan Judul Blog pada Judul Posting Artikel di Blogspot / Blogger

Sebagai seorang blogger, tentu sangat mengharapkan Artikel atau Posting Blog-nya muncul di Halaman pertama dan mendapatkan posisi terbaik di halaman pertama Search Engine seperti Google, Yahoo! maupun Bing. Meskipun tidak mendapatkan rangking pertama, minimal berada di posisi Top 3. Oleh karena itu, tindakan optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) sangatlah diperlukan. Untuk meningkatkan SEO, banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari optimasi Judul, Meta Description, keyword density sampai banyaknya jumlah backlink yang berkualitas. Memang, setiap ahli SEO maupun Search Engine itu sendiri mengatakan bahwa "Content is the King", tetapi Content/Konten yang sebagus apapun tetapi tidak didukung dengan tindakan SEO, sangat sulit sekali Artikel atau Konten tersebut dapat muncul di halaman pertama Mesin Pencari (Search Engine). Meskipun mungkin hal ini bisa saja terjadi.

Untuk melakukan Optimasi SEO, salah satu faktor yang telah saya sebutkan diatas adalah pentingnya optimasi Judul Artikel sehingga mesin pencari dapat menempatkan Artikel anda di halaman pertama bahkan pada urutan Top 3. 
Unsur pertama Judul Artikel harus mengandung Keyword yang kita inginkan, kedua adalah jumlah karakter judul sebaiknya jangan melebih 70 karakter. Pada dasarnya Mesin Pencari seperti Google maupun Yahoo hanya membaca sampai 70 karakter pada judul artikel. 
Berdasarkan hitungan saya sendiri, Google hanya menggunakan 50 karakter pertama pada Judul Artikel, sedangkan Yahoo dapat mengenal 70 karakter pertama pada Judul Artikel. Oleh karena itu, kita perlu mengoptimasikan keberadaan judul artikel untuk dapat dikenal oleh Mesin Pencari. 
Berdasarkan penjelasan saya diatas, maka keberadaan Judul Blog yang selama ini ikut serta ke dalam hasil pencarian Mesin Pencari terhadap Artikel akan menambahkan beban untuk Optimasi Judul Artikel.

Contoh :
Judul Blog saya     : Dickson Ada Cara
Judul pada Artikel : Cara Menghilangkan Judul Blog pada Judul Artikel di Blogspot

Secara default, Blogger/Blogspot akan menempatkan Judul Blog didepan dan Judul Artikel/Posting di belakangnya seperti berikut ini :
Dickson Ada Cara: Cara Menghilangkan Judul Blog pada Judul....

Jika tujuan kita adalah menampilkan semua Judul kita sebagai Keyword, maka karakter yang mengandung "Artikel di Blogspot" akan hilang dan tidak terdeteksi oleh Google ataupun mesin pencari lainnya. Dengan demikian kita akan kehilangan kesempatan untuk muncul di halaman pertama Google.

Setelah kita mengetahui pentingnya Judul Artikel dalam Optimasi SEO, maka langkah pertama kita untuk Optimasi SEO adalah menghilangkan atau menghapus Judul Blog kita pada Judul Posting Artikel di Blogspot / Blogger. Bagaimana caranya? Mudah sekali, ikut saja langkah-langkah dibawah ini.

Langkah-langkah menghilangkan / Menghapus Judul Blog pada Judul Artikel (Posting) di Blogspot / Blogger.

1. Masuk ke Dashboard Blogger / Blogspot anda
2. Klik [Template]
3. Klik [Edit Html] untuk dapat meng-edit kode HTML Template
4. Kemudian cari Kode HTML berikut ini :
    Catatan : Untuk mempermudah pencarian kodel HTML, anda dapat menggunakan [ctrl]+[F]
<title><data:blog.pageTitle/></title>
5. Gantikan kode HTML diatas dengan Kode dibawah ini :
<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <title><data:blog.title/></title> <b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title> </b:if>
6. Klik [Save template]

Setelah Kode HTML tersebut diganti maka Judul Blog anda akan hilang dari Mesin Pencarian saat mendapatkan Judul Posting Artikel anda. Tetapi kita perlu memberikan waktu kepada Mesin Pencari (Search Engine) untuk melakukan Adaptasi. Mungkin 3 hari, mungkin seminggu, mungkin juga sebulan.

Sekian cara untuk menghilangkan atau menghapus Judul Blog pada Judul Posting Artikel di Blogspot/Blogger.
Selamat Mencoba ...
Semoga Bermanfaat ....

6 comments:

  1. terima kasih gan
    gan bisa lihat nih blog saya http://cecepcom.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanpaat sob ..

    Jangan lupa berkunjung ke tempat saya http://pentuelkureks.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat sob...thanks tutorialnya

    http://oprekersgaul.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. gan, kalau ga berhasil solusinya gimana gan...
    soalnya tipa yang agan kasi berbeda dengan tampilan kode di blog saya gan..

    ReplyDelete