Friday, August 16, 2013

Cara Mudah Membuat Blog Baru Gratis di Blogspot (Blogger)

membuat blog baru dengan domain dot blogspot
Cara membuat Blog gratis di Blogspot - Anda ingin menjadi seorang Blogger? Tetapi tidak tahu bagaimana memulainya? maka inilah artikel yang tepat untuk anda. Di Artikel ini akan saya bahas langkah demi langkah dalam mebuat sebuah Blog baru secara gratis dan Mudah. Salah satu cara yang termudah dan gratis untuk membuat blog baru adalah dengan mengunakan layanan Blogger yang menggunakan Sub Domain .blogspot.com yang disediakan oleh raksasa Internet Google. Keuntungan dari .blogspot.com adalah tidak perlu membeli nama Domain, tidak perlu menyewa server hosting dan juga tidak perlu mempelajari kode html ataupun kode pemrograman lainnya. Yang diperlukan hanyalah sebuah alamat Email Google (gmail) dan kemauan untuk berbagi (sharing).

Sebagai seorang pemula, Blogspot (Blogger) merupakan wadah yang tepat untuk memulai sebuah blog baru. Dari Blogspot ini, kita mempelajari bagaimana caranya menulis artikel sampai memperkenalkannya ke Search Engine seperti Google, Bing dan Yahoo serta Promosikan Blog yang telah disiapkan tersebut kepada masyarakat luas secara ONLINE maupun OFFLINE. Setelah semua ilmu tentang Blogging lebih mantap, kita dapat melakukan upgrade ke Domain sendiri yang kesannya lebih Profesinal dan juga dapat mencoba Platform Blogging lainnya seperti Wordpress ataupun Joomla.

Oke, singkat cerita, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat blog baru secara gratis di Blogger dengan menggunakan namadomain.blogspot.com.
  1. Buatlah Alamat Email dengan menggunakan Gmail (Jika anda belum ada). Silakan lihat artikel : Cara membuat Account Email baru di Gmail.
  2. Ketikan "blogger.com" di address bar browser anda.
  3. Ketikan Alamat email anda di Kotak "Email"
  4. Ketikan Password email anda di Kotak "Password"
  5. Klik [Sign In]
  6. Jika alamat email anda adalah baru, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini :
  7. Pilih dan Klik [Create a limited Blogger Profile]
  8. Masukan Nama yang anda inginkan di Kotak "Display Name" (Contoh : Dickson)
  9. Klik [Continue to Blogger]
  10. Klik [New Blog] untuk membuat blog baru
  11. Isikan Judul Blog yang anda inginkan (contoh : Catatan Dickson)
  12. Isikan Alamat url Blog anda (contoh : namadomainanda.blogspot.com)
    Jika alamat url blog yang anda inginkan telah dipakai orang lain, maka akan muncul pesan "Sorry, this blog address is not available". Maka pilihlah nama alamat url lainnya sampai muncul tanda "Centang" dan muncul pesan "This blog address is available".
  13. Pilih Template sesuai dengan selera anda.
    Anda dapat menggantikan Template anda di kemudian hari. Untuk lebih jelas, anda dapat membaca di artikel : Cara Mengganti Template Blogger (Blogspot).
  14. Klik [Create blog!]

    Selamat! Blog baru anda telah siap dibuat.
  15. Untuk memulai menulis artikel, silakan Klik [Start Posting] 
Mudah bukan?
Anda sudah dapat berkarya lewat Blog yang telah anda buat.
Ketikan Judul Artikel anda dan Isi Konten yang Artikel anda seperti gambar dibawah ini :

Untuk mengetahui tips dan trick lainnya tentang Blogspot, anda dapat membaca daftar isi dalam Blog ini.

Selamat mencoba,
Semoga bermanfaat....

10 comments: